.:: knipdee W O R L D! ::.

ASI

Posted on: June 22, 2011

Alhamdulillah saya berhasil memberikan Syuja ASI selama 2 tahun. Senangnya:)..Saya dan suami memang sudah berniat dari semenjak saya hamil, bahwa saya akan memberikan Syuja ASI hingga 2 tahun. Perjuangan saya dalam memberikan ASI tidak mudah, ada saja cobaannya.

Setelah melahirkan ASI saya keluar sangat sedikit sekali, saya coba memompa dalam 1 jam hanya keluar 10 hingga 20 ml. Sedihnya hati saya. Syuja pun kalau menyusu lama sekali, dan baru selesai menyusu ga sampai beberapa menit dia minta lagi. Pokoknya Syuja nempel terus sama saya, sampai saya kurang waktu untuk beristirahat.

Segala hal saya coba mulai dari makan daun katuk, minum obat penambah ASI, tapi tetap saja ASI saya sedikit. Hampir saja saya memberikan susu formula, tetapi dukungan dari suami tercinta dan teman-teman membuat saya kembali termovitasi terus memberikan ASI. Salah satu motivasi dari teman saya ‘Bani Sukmanandia’ yang membuat saya berhasil memberikan ASI hingga 2 tahun. Bani berkata bahwa kita sebagai ibu harus positive thinking dan yakin pada diri kita, bahwa berapapun banyaknya ASI pasti cukup dan membuat anak kita sehat.

Intinya adalah jangan dipusingkan oleh banyak atau sedikitnya ASI, tapi kita sebagai Ibu harus yakin bahwa ASI yang diminum oleh anak kita cukup untuk dia. Saya pun menanamkan pada pikiran dan hati saya, bahwa ASI saya pasti cukup untuk Syuja. Positive thinking berhasil membuat Syuja tidur nyenyak, sehat, gendut dan yang terpenting ASI saya pun banyak. Yeaaaay…

Mungkin saat ASI saya sedikit, tanpa disadari saya stres dan tentu berdampak pada produksi ASI saya. Apalagi buat ibu baru seperti saya, yang masih belum berpengalaman. Puas rasanya, berhasil memberikasn ASI selama 2 tahun. Walaupun saya bekerja, tapi itu tidak menghambat saya dalam memberikan ASI. Pompa memompa pun saya lakukan setiap hari di kantor. Hasilnya tidak sia-sia. Syuja tumbuh sehat, cerdas dan jarang sakit. Saya pun tetap langsing, karena lemak di sekitar panggul dan paha yang ditimbun pada masa kehamilan pindah ke dalam ASI. Jadi be positive, yakin pada diri kita sendiri dan jangan panik..stay calm. Say Goodbye Susu Formula..Say Hi to ASI..

Leave a Reply

June 2011
M T W T F S S
« Mar   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Inspiring Blog

The Urban Mama

Travel Blog

hubby tweet

my tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

