.:: knipdee W O R L D! ::.

Archive for March 2009

Si kecil sudah semakin besar, perkembangannya sangat pesat. Saat di USG 4 dimensi, semuanya sudah mulai terlihat jelas dan terbentuk. Ternyata insting bayi untuk menyusu sudah mulai terlihat saat dalam kandungan. Waktu di USG, bayi kami sedang menggenggam tangannya dan mengempeng. Mulutnya pun sudah mulai bergerak-gerak. Menurut dokter, bayi kami tergolong bayi yang besar, berat badannya melebihi bayi yang masih berusia enam bulan. Memang bayi kami menyerap makanannya bagus, tukang makan seperti ibu dan bapaknya…hehehe…6-month

Saat hamil 6 bulan, saya juga mengalami sakit seperti masuk angin. Tiba-tiba badan saya meriang, mual dan muntah. Setelah konsultasi ke dokter, ternyata saya terlalu banyak jajan, yang mungkin kotor dan mengandung banyak MSG. Pokoknya ibu hamil itu benar-benar harus menghindari jajan dan makanan yang mengandung MSG. Jadi setiap saya pengen makan mie ayam atau nasi goreng, pasti saya berpesan kepada penjualnya untuk tidak memakai MSG. Kandungan MSG sangat tidak baik untuk perkembangan bayi, dan terutama otaknya.

Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari makanan yang mentah-mentah seperti sushi, lalapan, dan bakar-bakaran, karena bisa mengakibatkan virus tokso dan rubella. Akibatnya cukup fatal, yaitu bisa menghambat perkembangan janin. Alhamdulillah, saat diperiksa tokso dan rubella, saat usia kandungan 3 bulan, saya negatif. Ternyata walaupun saya memelihara kucing di rumah, tapi kalau kita bersih merawatnya, insyaAllah virus tokso pun tidak ada.

O ya, setelah mual-mual hilang, saya mulai meneruskan hobby memasak saya, terutama untuk suami tercinta:)..
Saat ini, berat badan saya 57,5 kg. Biasanya setiap bulan naik 1 kg. Tetapi memasuki 6 bulan, berat badan saya naik sebanyak 2 kg.

Advertisements

Perut saya sudah terlihat membesar. Sesekali janin di dalam perut saya pun, mulai bergerak-gerak, walaupun gerakannya masih pelan. Suami dan saya sudah mulai mengajak komunikasi janin kami sejak dia masih berusia dua bulan. Musik-musik Islami dan klasik pun, sudah kami perdengarkan, katanya biar anaknya pinter dan soleh…Amieeen….5-month

Di usia kandungan 5 bulan, mual yang saya rasakan udah hilang sama sekali. Makanan apapun enak rasanya, emang saya doyan makan juga…hihihi…Berat badan saya pun terus naik. Pada awal kehamilan berat badan saya hanya 50,5 kg, tapi sekarang menjadi 55,5 kg. Tapi saya tidak khawatir berat badan bertambah, demi anak kami tercinta. Kata suami juga, saya tetep cantik…hehehehe:)…

Saya tidak pernah ngalamin ngidam makanan sampai harus kesampaian, malah suami saya yang sekarang bertambah gendut yang ngidam:)…Suami saya ngidam sushi, kentang goreng, burger king, banyak pokoknya:)…Lucu ya, istri yang hamil, suami yang ngidam…Memang batin suami dan istri kuat sekali ya.

Masa kehamilan ternyata menyenangkan, setiap hari selalu saya nikmati, bersama suami tercinta dan calon anak kami yang sedang saya kandung. I love Hubby and my lovely baby….

Akhirnya saya lulus menghadapi trimester awal, yang menurut saya masa kehamilan paling ga enak, karena rasa mual yang menyiksa. 4-b-monthDi bulan keempat kehamilan, saya dan suami pindah ke RS Gandaria, dengan Dr. Achmad Mediana SpOG. Bukan karena tidak cocok dengan Dr. Musa, tapi karena kami penganten baru, jadi kantong pun terbatas. Menurut kami RSB Asih, yang pasiennya kebanyakan artis seperti Jihan Fahira, dan Mona Ratuliu itu, tidak cocok dengan kantong kami.

3 kali saya ganti dokter, akhirnya saya memutuskan Dr. Achmad sebagai dokter kandungan terakhir yang menangani kehamilan saya. Cape juga ganti2 dokter. Sebagai sesama orang Sunda, Dr. Achmad sangat cocok dengan saya dan suami. Dia orangnya lucu, santai, komunikatif, ramah, TOP deh. Nah, dari Dr. Achmad kami akhirnya mengetahui jenis kelamin anak kami melalui USG 4 dimensi. Subhanallah, saya dan suami lagi-lagi tergakum dengan kecanggihan yang diciptakan Allah SWT.

4monthDari USG 4 dimensi, kami bisa melihat jenis kelamin, bentuk tulang, kaki, tangan, kepala dan mendengar detak jantung bayi kami. Lucu banget…Saat dokter memberitahu jenis kelamin bayi kami, suami pun langsung tersenyum terharu. Karena memang laki-laki adalah jenis kelamin yang diinginkan suami untuk anak pertama. Kata suami, biar bisa jagain adiknya.

4-a-monthHoraaaayyy, it’s a baby boy..:)…Kalau saya sih sebagai ibu apapun jenis kelaminnya, terserah Allah, yang penting sehat wal afiat.

Di 4 bulan ini, karena kami muslim, kami pun mengadakan pengajian di Bandung, untuk bersyukur kepada Allah. Karena katanya saat 4 bulan kehamilan, janin kita mendapat nyawa atau ruh dari Allah SWT. Perut saya juga mulai kelihatan besar dan saya pun mulai merasakan ada kehidupan di dalam perut saya.

Trimester awal, itulah yang sedang saya jalani sekarang. Kehamilan saya sedang berada pada trimester awal, yaitu rentang waktu usia kandungan 1-3 bulan. Gejala orang hamil, mulai saya rasakan. Mual-mual. Setiap hari saya alami rasa mual itu. Apalagi kalo saatnya minum susu. Saya bukan orang yang suka susu, jadi mencium aromanya saja, saya langsung mual. Pada 3 bulan kehamilan ini, mual-mual yang saya rasakan sangat menyiksa.3-month1

Setiap hari kemana pun saya pergi, saya pasti bawa kantung plastik, untuk jaga-jaga kalo saya ingin muntah. Selain susu, saya yang biasanya hobby memasak pun, mendadak jadi anti bumbu. Mencium bau bumbu masakan, terutama bawang putih, pasti langsung mual.

3 bulan kehamilan, merupakan masa paling berat untuk saya. Karena ya itu tadi, rasa mual yang ga bisa ditahan. Tapi demi si jabang bayi, saya terus meng-konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, walaupun tidak ada selera makan sama sekali.

O ya, setiap deket-deket suami, saya juga langsung mual. Kasian suami. Saya kira cuman mitos, ternyata bener ya, ada orang hamil yang mual kalo deket-deket suaminya…hihihi;p…Maaf ya hubby ku….

Ga kerasa kehamilan saya udah masuk 2 bulan. Perut udah sedikit membesar, celana yang biasa saya pakai juga udah banyak yang ga muat. Tapi saya masih percaya ga percaya, karena tidak terasa apapun pada perut saya. Sebagai orang Bandung yang tinggal di Jakarta, saya bingung untuk memilih dokter kandungan yang bagus, akhirnya saya coba di RSB Asih dengan Dr. Musa SpOG. Katanya sih, dokter yang satu ini ok banget.2-month1

Ternyata bener, Dr. Musa SpOG orangnya komunikatif, ramah, sabar, pokoknya enak deh. Waktu di USG di RSB Asih, janin saya sudah mulai berbentuk ada terlihat bentuk kepala, badan, kaki, tangan bahkan matanya, tapi tidak begitu jelas, karena masih kecil sekali. Saya dan suami pun terkagum-kagum melihat kebesaran Allah yang satu ini.

Di bulan kedua kehamilan saya, saya sempat mengalami masalah susah BAB. Waktu itu sampai 6 hari saya tidak bisa BAB. Akhirnya Dr. Musa pun menyarankan saya untuk di pompa (kayak orang mo ngelahirin aja:)). Dokter bilang, perut saya sedang beradaptasi dengan adanya janin. Saya pun dikasih resep obat pencahar Lactulax, yang ringan dan cocok untuk ibu hamil. Alhamdulillah setelah di pompa dan minum obat, BAB saya pun lancar lagi. Dokter juga bilang bahwa ibu hamil harus banyak makan sayur dan buah.

Antara percaya ga percaya, kalo saya udah hamil. Pertama kali di USG janin saya masih kecil banget, hanya keliatan kantung nya aja, kira-kira segede kacang. Saya pertama kali periksa di RSB Duren Tiga, Mampang, dengan Dr. Junita, SpOG. Dr. Junita orangnya baek, ramah, tapi sayang saya kurang cocok dengan sistem di rumah sakit, karena sekali kontrol yang masuk tiga pasien, dan suami ga boleh ikut:(…
1-month
Pekerjaan saya sebagai reporter dan news anchor di Astro Awani, membuat saya harus tetap liputan turun ke lapangan. Saya pun memang tidak keberatan, asal liputannya tidak ke tempat konflik atau demo:)…Pada 1 bulan kehamilan, saya liputan ke Tanjung Priok, saat itu macet sekali. Karena bekerja di televisi harus berburu dengan waktu, saya dan cameraman memutuskan untuk naek ojeg ke tempat narasumber. Tetapi Alhamdulillah, janin saya sehat wal afaiat.

Saya emang berprinsip, wanita hamil itu ga boleh manja dan terlalu over protective, karena kalo seperti itu biasanya janinnnya pun lemah. Saya dan suami yang setiap hari berangkat ke kantor naek motor pun, selalu berdoa agar janin kami kuat. Alhamdulillah, Allah memang menjaga orang yang mau berusaha dan kuat.

Memiliki anak, pasti impian semua orang, begitu juga saya dan suami, yang biasa saya panggil (Hubby:)). Alhamdulillah Allah percaya dengan kami berdua, menitipkan anak, ga lama setelah kami menikah. Waktu menikah tanggal 2 Agustus 2008, saya dapet haid hari pertama. Kasian suami, ga dapet jatah malem pertama;p, tapi orang tua dan kerabat bilang, insyaAllah subur. Amiiiieenn..Selang tiga minggu, setelah pernikahan kami, saya ngerasa ada sesuatu yang beda pada tubuh saya. Ciri-cirinya sama seperti kalau mau dateng haid.

Akhirnya hingga pertengahan September, saya ga juga dapet haid, aku dan suami pun langsung beli test pack. Pagi harinya setelah solat subuh, saya langsung periksa pakai test pack….Ya ampun, tegaaang banget, liat garis strip biru yang keluar, akhirnya dua strip garis biru pun terlihat jelas, itu tandanya saya positif hamil. Alhamdulillah, saya langsung bangunin suami yang sedang tidur, dan kita berdua pun langsung sujud syukur.

Belum juga percaya dengan hasil test pack, besoknya saya dan suami periksa ke dokter, dan hasilnya sama, saya postif hamil. Kabar gembira ini, langsung kita beritakan ama saudara dan orang tua. Karena buat orang tuaku dan mertua, bayi di dalam kandunganku akan menjadi cucu pertama mereka. Sekarang tinggal tegangnya nih, ngejalanin masa-masa kehamilan^-^…


March 2009
M T W T F S S
« Nov   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Inspiring Blog

The Urban Mama

Travel Blog

hubby tweet

my tweet

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.